Pembahasan Penjajakan Kerja Sama antara Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat dengan Pemerintah Daerah Provinsi Kalimantan Selatan

Kerja sama Daerah merupakan sarana untuk mempercepat pertumbuhan pembangunan di Daerah sekaligus juga sebagai percepatan bagi terwujudnya pemerataan kesejahteraan masyarakat, yang didasarkan pada pertimbangan efisiensi dan efektivitas, sinergis dan saling menguntungkan terutama dalam bidang-bidang yang menyangkut kepentingan publik. Pemerintah Daerah dituntut untuk memberikan perhatian yang lebih besar terhadap kualitas penyelenggaraan pelayanan publik, serta meningkatkan kemandirian daerah dalam melaksanakan pembangunan.

Untuk menjamin pelaksanaan pembangunan berjalan secara efektif dan efisien, diperlukan perencanaan pembangunan yang terukur dan terintegrasi, dengan memanfaatkan berbagai potensi yang dimiliki. Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat dan Pemerintah Daerah Provinsi Kalimantan Selatan sepakat bahwa untuk mendukung pembangunan yang efektif dan efisien, diperlukan jejaring kerja pembangunan Daerah, yang dapat memberikan kontribusi dalam percepatan pencapaian sasaran pembangunan antar daerah dan nasional.

Hadir dalam kunjungan kerjasama dimaksud, Bapak Asisten Pemerintahan dan Bapak Asisten Perekonomian Provinsi Kalimantan Selatan selaku Pimpinan kunjungan kerja didampingi oleh Unsur Kepala Organisasi Perangkat Daerah di lingkungan Pemerintah Daerah Kalimantan Selatan yang terkait dengan bidang-bidang yang akan dikerjasamakan. Kegiatan Kunjungan Kerja Provinsi Kalimantan Selatan ke Provinsi Jawa Barat diterima dan dibuka secara resmi oleh Bapak Asisten Pemerintahan, Hukum dan Kesejahteraan Rakyat Setda Provinsi Jawa Barat, Ir. H. Koesmayadi Tatang Padmadinata, dan Bapak Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Provinsi Jawa Barat, Prof. Dr. Ir. Deny Djuanda puradimadja, DEA, turut mendampingi pula Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Provinsi Jawa Barat, Dr. H. Lukman Salahudin.

Adapun maksud dan tujuan diadakannya kerjasama dimaksud adalah untuk meningkatkan kerjasama pembangunan antara Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat dengan Pemerintah Daerah Provinsi Kalimantan Selatan. Selanjutnya tujuan Kesepakatan Bersama ini adalah untuk mengoptimalkan pemanfaatan sumberdaya yang dimiliki oleh masing-masing Daerah guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat, dengan ruang lingkup sebagai berikut :

  1. pendidikan;
  2. kesehatan;
  3. sosial;
  4. pemberdayaan perempuan, perlindungan anak dan keluarga berencana;
  5. koperasi dan usaha kecil;
  6.   penanaman modal dan pelayanan terpadu satu pintu;
  7. penelitian dan pengembangan IPTEK;
  8. perpustakaan dan kearsipan;
  9.  tenaga kerja dan transmigrasi;
  10.  ketahanan pangan dan peternakan;
  11. pariwisata dan kebudayaan;
  12.   kelautan dan perikanan;
  13.  tanaman pangan dan hortikultura;
  14. perkebunan;
  15. kehutanan;
  16. energi dan sumber daya mineral;
  17. perindustrian dan perdagangan;
  18. kepegawaian Daerah; dan
  19. bidang-bidang lainnya yang disepakati bersama, sesuai dengan kebutuhan.

Kedua Daerah sangat menyambut baik inisiasi kerjasama pembangunan antara Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat dengan Pemerintah Daerah Provinsi Kalimantan Selatan dimaksud. Selanjutnya masing-masing Tim Koordinasi Kerjasama Daerah (TKKSD) akan melakukan komunikasi intensif berkaitan dengan penyusunan naskah Kesepakatan Bersama dan Perjanjian Kerjasama sekaligus juga mengenai waktu penandatanganannya.

Semoga Tujuan yang hendak dicapai dari adanya kerjasama diantara kedua Daerah tersebut dapat memberikan manfaat yang sebesar-besarnya untuk kesejahteraan masyarakat dan kemajuan di kedua Daerah.

sumber : pemksm.jabarprov.go.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *